TERAPI KOMPLEMENTER



TERAPI KOMPLEMENTER

by Mega R Wijayanti 


Masyarakat semakin pandai dalam upaya untuk memperoleh kesehatan. Terapi komplementer merupakan upaya yang dilakukan masyarakat sebagai pilihan lain diluar pengobatan medis. Terapi  komplementer adalah cara penanggulangan penyakit yang dilakukan sebagai pendukung pengobatan  medis/ konvensional (WHO). Terapi ini digunakan sejak berabad – abad lalu dalam pengobatan. Terapi  komplementer terbagi menjadi 5 kategori yaitu alternative medical sistem, mind body intervention, biologically based therapies, manipulated and body-based methode dan energy therapies.
    
    A.    Alternative Medical System
Pendekatan secara holistik/keseluruhan sehingga apabila ada gangguan pada suatu tubuh akan mempengaruhi fungsi tubuh yang lain. Contoh dari alternative medical system yaitu akupuntur ialah suatu  metode untuk membantu tubuh menyembuhkan diri dengan cara menusukan jarum steril tipis sepanjang jalur meridian  tubuh. Jarum berfungsi mempengaruhi organ internal dalam dengan pengalihan Qi (Acupunture, 1997). Ayurveda, merupakan sistem pengobatan hindu untuk mencegah timbulnya penyakit dari tubuh, jiwa, fikiran serta lingkungan dengan mengkombinasikan obat herbal, obat pencahar dan minyak gosok. Homeopatic, merupakan cara pengobatan dengan memberikan resep/bahan yang bila dikonsumsi orang sehat dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan gejala penyakit tersebut. Pengobatan ini bertujuan  untuk menyembuhkan penyakit secara menyeluruh/holistik. Naturopatik, merupakan penyembuhan berdasarkan konsep tubuh adalah penyembuh diri sendiri yang baik. Penyembuhan ini dapat digunakan untuk menguba kebiasaan buruk seseorang. Prinsip dasar naturopati adalah jangan mencederai, meyakini bahwa alam adalah penyembuh, tangani penyebabnya bukan gejalanya, tangani individu secara menyeluruh, mencegah lebih baik daripada mengobati, dan dokter sebagai pengajar.
   B.     Mind Body Intervention
Merupakan berbagai teknik yang dibuat untuk miningkatkan kapasitas fikiran untuk mempengaruhi tubuh. Contoh dari mind body intervention antara lain guided imagery yang  merupakan teknik untuk mengobati dengan berkonsentrasi pada imajinasi atau serangkaian gambar. Meditasi  merupakan teknik untuk merelaksasikan tubuh dan menenangkan fikiran dengan menggunakan ritme pernafasan yang teratur. Yoga  merupakan teknik yang berfokus pada susunan otot, postur, mekanisme pernafasan dan kesadaran tubuh.
  C.     Biologicall Based Therapies
Merupakan terapi yang menggunakan substansi alam seperti herbal, makanan dan vitamin. Contoh dari biological based training antara lain biofeedback  merupakan latihan yang didasarkan pada keyakinan bahwa kita memiliki kemampuan untuk mempengaruhi fungsi tubuh kita melalui kemauan dan fikiran kita. Biofeedback berfungsi untuk mengurangi stres dan kecemasan, mengatur pernafasan dan memperlancar denyut jantung. Zona, merupakan program diet dengan menggunakan makanan berprotein, karbohidrat dan lemak dengan perbandingan 30:40:30. Program ini digunakan untuk menyeimbangkan insulin dan hormon lain agar kesehatan optimal. Pengobatan ortomolekuler merupakan diet dengan meningkatkan nutrisi seperti vitamin C.
   D.    Manipulated and Body Based Method
Merupakan teknik yang didasari pada manipulasi diri atau pergerakan dari satu atau lebih bagian tubuh. Contohnya dari terapi ini antara lain terapi pijat, merupakan manipulasi jaringan ikat melalui pukulan, gosokan atau meremas untuk meningkatkan sirkulasi, memperbaiki sifat otot dan relaksasi. Akupresur, merupakan teknik yang menggunakan tekanan digital dalam cara tertentu pada titik yang dibuat ditubuh untuk mengurangi rasa nyeri dengan menghasilkan analgesik.
   E.     Energy Therapies
Merupakan terapi yang menggunakan medan energi. Contohnya adalah terapi Reiki yang berasal dari agama budha kuno dimana terapis menempatkan tangannya diatas bagian tubuh dan memindahkankeseimbangan energi untuk mengobati gangguan kesehatan. Sentuhan terapeutik merupakan pengobatan yang melibatkan pedoman keseimbangan energi dengan cara yang disengaja atau tidak kepada pasien.
Perkembangan zaman membuat cara berfikir orang berubah. Begitu juga dalam cara pandang mengenai kesehatan, penyakit dan cara penyembuhannya. Cara pandang ini dipengaruhi oleh kebudayaan dan tingkat kepercaayaan. Berdasarkan cara pandang kesehataan, penyebab penyakit dibedakan menjadi tiga yaitu biomedical scientifik, naturalistic/holistic dan magico religius.
   a.       Biomedical Scientifik
Adanya hubungan sebab akibat terhadap timbulnya penyakit, dimana adanya penyebab yang spesifik akan menggunakan pengobatan yang spesifik. Contohnya apabila seseorang terinfeksi virus atau bakteri maka untuk pengobatannya menggunakan antibiotik.
   b.      Naturalistic/Holistic
Merupakan pendekatan  secara alami untuk mengetahui penyebab penyakit. Biasanya teori ini dicontohkan dengan yin dan yang , yang merupakan simbol dari keseimbangan alam. Yin merupakan energi dingin dan Yang merupakan energi panas, apabila yin dan yang seimbang berinteraksi dari fikiran dan tubuh maka kesehatan seseorang akan menjadi baik dan sebaliknya.
   c.       Magico Religius
Merupakan pandangan terhadap suatu penyakit berdasarkan kekuatan supranatural baik ataupun jahat. Pengobatan dilakukan dengan menggunakan ritual seperti vodoo dan sihir.

Dari hasil diskusi diatas dapat disimpulkan bahwa terapi komplementer merupakan cara penanggulangan penyakit yang dilakukan sebagai pendukung pengobatan medis konvensional. Terapi komplementer terbagi menjadi lima kategori antara lain yaitu alternative medical sistem, mind body intervention, biologically based therapies, manipulated and body-based methode dan energy therapies yang masing – masing terapi mempunyai macam dengan fungsi yang khas. Berdasarkan cara pandang kesehatan, penyebab penyakit dibedakan menjadi tiga yaitu biomedical scientifik, naturalistic/holistic dan magico religius.




REFERENSI

Ariyani, N.P. (2007). Terapi Modalitas. Jakarta : UI

Hadibroto dan Alam, S. (2006). Seluk Beluk Pengobatan Komplementer. Jakarta : Buana Ilmu Populer

Waluyo, S. (2004). Pijat Praktis Untuk Kesehatan. Jakarta : Nirmala

Comments

Popular posts from this blog

ASUHAN KEPERAWATAN BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR)

KEPERAWATAN KOMPLEMENTER

TERAPI MUSIK SEBAGAI TERAPI KOMPLEMENTER