BUAH CARICA si Kecil Kaya Manfaat

By Mega R Wijayanti, S.Kep.,CHt


Alhamdulillah ada kesempatan lagi buat mega nulis dan berbagi informasi kesehatan dengan teman-teman semua. Buat kali ini mega mau share pengalaman jalan-jalan mega yang ternyata banyak manfaat yang mega peroleh terutama untuk dunia kesehatan. Kalian tau DIENG PLATEAU ? Yuph...dataran tertinggi di pulau jawa ini menyimpan beragam kekayaan baik dari kebudayaan, spiritual, keindahan alam dan juga kulinernya. Dataran yang terletak diantara dua kabupaten yakni kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo, provinsi Jawa Tengah ini patut dan wajib hukumnya buat kalian kunjungi :D . Desember 2013 kemarin ada kesempatan buat mega eksplorasi lebih dalam lagi tentang dieng dan hal yang bikin mega tertarik buat share info ke temen-temen semua yaitu CARICA, si kecil yang kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Buah ini unik, dilihat dari bentuknya yang mirip pepaya serta ukuran yang lebih mini dari pepaya dan hanya hidup didaerah yang bersuhu dingin tentu saja dieng plateau. Banyak penduduk sekitar dieng menamai buah ini sebagai "buah dewa" yang mengisyaratkan betapa kayanya manfaat buah ini untuk kesehatan. Buah ini mempunyai serat tinggi serta kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan enzim papain yang sangat tinggi. Enzim papain sendiri merupakan enzim yang ada di daun pepaya gunung (carica) yang biasa digunakan untuk memecah serabut daging dan sering digunakan untuk bahan baku pembuat pasta gigi sebagai pemutih gigi.

Nah biar lebih jelas lagi, ini nih kandungan dan manfaat buah carica bagi kesehatan tubuh :
1. MENJAGA KESEHATAN ORGAN PENCERNAAN 
Kandungan serat yang tinggi serta enzim papain di dalam buah carica dapat membantu memperlancar proses pencernaan serta membuang kotoran . Enzim papain membunuh bakteri jahat dalam usus dan membantu menormalkan PH usus. Sedangkan serat yang tinggi bermanfaat untuk mereka yang sembelit atau susah BAB. Kandungan serat yang tinggi dapat mencegah terjadinya kanker kolon.
2. MENANGKAL RADIKAL BEBAS
Kandungan vitamin C yang tinggi bahkan lebih besar dari buah jeruk dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan/keriput pada kulit.
3. MENJAGA KESEHATAN MATA
Kandungan vitamin A yang tidak kalah tinggi dengan wortel sangat berkontribusi dalam menjaga kesehatan mata. Buah carica dapat digunakan sebagai nutrisi tambahan bagi penderita rabun senja yang disebabkan kekurangan vitamin A.
4. MELINDUNGI KULIT
Meskipun kandungan vitamin B kompleks dan vitamin E tidak begitu besar di buah ini, tetapi vitamin ini sangan besar kontribusinya dalam menjaga kesehatan. Vitamin E dapat menjaga kelembaban kulit dan melindungi kulit dari sinar ultra violet. Sedangkan vitamin B kompleks dapat memberikan energi tambahan pada tubuh saat beraktivitas dan membantu dalam proses metabolisme tubuh.

Naah..banyak banget kan manfaatnya, selain harganya yang murah meriaah bandingkan dengan keuntungan yang kalian dapat. Semoga bermanfaat...ayooo mulai gaya hidup sehat. Kalau tidak sekarang..kapan lagi ?? Salam Mantaap

Comments

Popular posts from this blog

ASUHAN KEPERAWATAN BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR)

KEPERAWATAN KOMPLEMENTER

TERAPI MUSIK SEBAGAI TERAPI KOMPLEMENTER